Blog Ini Disponsori Oleh:

Sabtu, 02 Juli 2011

Manfaat ASI untuk Ibu, Bayi & Keluarga

ASI adalah singkatan dari Air Susu Ibu. ASI adalah makanan cair alami yang mengandung cukup gizi untuk diberikan kepada bayi secara eksklusif 6 bulan pertama. Sebelum menyusui, ibu harus yakin mampu menyusui buah hatinya. ASI mulai diberikan segera setelah ibu melahirkan dengan meletakkan bayi di dada ibu. Biarkan bayi mencari sendiri puting susu ibunya. Ini adalah bentuk inisiasi menyusu dini kepada bayi. Selain itu untuk merangsang agar ASI cepat keluar dan menghentikan pendarahan sesudah melahirkan.

Setelah diberikan ASI selama 6 bulan pertama, berikutnya dapat diberikan Makanan Pendamping ASI (MP-ASI). Bentuknya berupa makanan lumat dan jumlahnya terus disesuaikan dengan pertumbuhan umur bayi. Pemberian ASI sendiri tetap dilanjutkan hingga bayi berusia 2 tahun. ASI sangat bermanfaat, tidak hanya untuk bayi tapi juga untuk si ibu dan keluarganya. Apa saja manfaatnya?

ASI bermanfaat membuat bayi lebih sehat, lincah dan tidak cengeng. Dengan konsumsi ASI, bayi pun lebih kuat dan tidak mudah sakit. Manfaat ASI untuk ibu adalah menjalin hubungan kasih sayang dan kedekatan lebih erat antara ibu dengan bayinya. Dapat juga untuk mengurangi pendarahan setelah persalinan, mempercepat pemulihan kesehatan ibu dan menunda kehamilan berikutnya. Memberikan ASI secara eksklusif dan hingga 2 tahun juga dapat mengurangi resiko kanker payudara dan mempermudah ibu karena mudah untuk menyusui anaknya.

Keluarga juga turut menikmati manfaat memberikan ASI karena tidak perlu mengeluarkan biaya pembelian susu formula dan perlengkapannya. Tidak perlu juga menyediakan waktu dan tenaga untuk menyiapkan susu formula, seperti merebus air dan mencuci peralatan dengan teliti. Biaya perawatan kesehatan dan pengobatan juga dapat ditekan karena bayi tetap sehat. Terakhir, menghemat biaya dan mengurangi waktu pemeliharaan kesehatan ibu. Demikian manfaat-manfaat luar biasa dari ASI.

Demikian tulisan ini dibuat sebagai dukungan blog dokter Merry terhadap gerakan ASI eksklusif.

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...