Blog Ini Disponsori Oleh:

Selasa, 30 November 2010

Makanan untuk Pertumbuhan Buah Hati

Orang tua pasti ingin memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya. Apalagi bila itu terkait makanan, sumber utama pertumbuhan buah hatinya. Sayangnya banyak makanan yang ada di sekitar kita justru tidak baik bila dikonsumsi anak-anak. Ini menjadi tugas orang tua untuk mengenalkan mana makanan yang sehat dan mana yang tidak kepada mereka sedini mungkin. Dari 100% kebutuhan kalori anak, sebisa mungkin 55% berasal dari karbohidrat (nasi, bubur, roti). Sedangkan lemak (minyak, mentega) menyumbang 30% dan sisa 15% didapat dari protein (daging, ikan, telur, susu, kacang). 

Sebagaimana sudah direkomendasikan World Health Organization (WHO) bahwa asupan gula harus kurang dari 10%. Karenanya, lebih sehat mengkonsumsi buah segar dan susu daripada permen, coklat atau sirup yang mengandung kalori dua kali lipat lebih banyak. Kenalkan anak pada bermacam rasa makanan yang sehat. Pilih makanan yang dipanggang, direbus atau dikukus daripada digoreng.Ajarkan juga cara makan yang sehat, yaitu makan teratur saat lapar dan berhenti sebelum kenyang. Imbangi asupan makanan yang masuk dengan energi yang keluar lewat berbagai aktivitas. 

Ajari juga anak-anak untuk makan secara perlahan dan mengunyah dengan sempurna. Hindari makan sambil bermain atau menonton televisi. Sebaliknya, jadikan waktu makan sebagai momen berkumpul bersama orang tuanya sehingga kedekatan fisik dan psikologis semakin tercipta. Sehingga kombinasi makanan bergizi dan perhatian yang penuh akan membuat pertumbuhan anak semakin pesat.

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...