Blog Ini Disponsori Oleh:

Kamis, 03 November 2011

5 Tips Menuju Hidup Sehat

Siapa bilang hidup sehat itu sulit? Mudah kok! Kita gak perlu diet berlebihan, olahraga mati-matian atau minum multivitamin tiap waktu. Terkadang mendengar kata diet saja sudah menakutkan di telinga, terbayang makanan apa saja yang tidak boleh dimakan. Atau berolahraga yang menyakitkan semata untuk mengeluarkan kalori lewat keringat yang mengucur deras. Tidak perlu seperti itu, yang penting kita menjalani pola hidup sehat secara wajar. Nah, disini dokter Merry merangkum beberapa tips untuk mendapatkan tubuh yang sehat.
1. Warna Makanan 
Mayoritas kita masih terpaku pada jumlah kalori yang terkandung dalam makanan. Padahal, warna makanan juga harus diperhatikan. Misalnya, warna hijau yang mewakili sayur-mayur dan merah, kuning atau jingga yang mewakili buah-buahan. Hindari makanan yang warnanya terlalu pucat dan pilih yang warnanya cerah dan segar.
2. Kudapan 
Snack atau makanan kecil, dikenal juga dengan kudapan sangat diperlukan sebagai selingan waktu makan utama. Sebaiknya dikonsumsi pada jam 10 pagi dan jam 4 sore. Bentuknya bisa berupa roti gandum atau biskuit sayuran, sekedar mengisi perut yang kosong agar tidak terlalu kalap saat datangnya waktu makan.
3. Serat saat Sarapan 
Perbanyak konsumsi serat saat sarapan sehingga membuat perut kenyang lebih lama. Pilihlah sereal atau oatmeal yang dipadu dengan pisang, kismis atau stroberi. Bisa juga roti gandum dengan selai kacang, nanas atau bluberi.
4. Camilan Buah 
Saat libur, biasanya selera makan anda lebih besar disebabkan sedikitnya aktivitas yang dilakukan. Sediakan banyak jenis buah di lemari es untuk dijadikan camilan sehat saat menonton film, bercengkrama atau bersantai dengan keluarga.
5. Menahan Diri 
Inilah hal terpenting, menahan dan mengontrol diri kita! Berhenti sebelum kenyang dan makan sesudah lapar. Jika sudah terbiasa maka akan terbentuk disiplin sehingga semua rangkaian ini akan membuat tubuh menjadi lebih sehat.
Ikuti ya, karena dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Mensana in Corpore Sano!

2 komentar:

Dewa Made Ari S mengatakan...

Iya, makanan memang hal yang paling penting. Manusia menjadi sehat atau sakit berawal dari makanan

Unknown mengatakan...

kira-kira tips sehat untuk usia 30-an apa bu dokter?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...