Blog Ini Disponsori Oleh:

Minggu, 09 Oktober 2011

Manfaat Kulit Bawang Merah

Dokter Merry bukan ingin bercerita tentang rivalitas Bawang Merah dan Bawang Putih seperti dalam sinetron loh! Tapi disini saya akan berbagi fakta tentang manfaat bawang merah dan kulitnya. Seperti telah kita ketahui bersama, bawang merah adalah salah satu bumbu yang diperlukan dalam berbagai jenis masakan. Bawang Merah dikupas kulitnya untuk kemudian diiris, dicacah atau dipotong tipis. Ternyata, kita seharusnya tidak membuang kulit bawang merah karena manfaatnya yang sungguh luar biasa!

Kulit kering bawang tersebut mengandung berbagai senyawa bermanfaat yang dapat menunjang kesehatan manusia. Menurut sebuah penelitian yang bertujuan mengidentifikasi substansi tiap bagian dari bawang dan diterbitkan di jurnal Plant Foods for Human Nutrition, kulit kering di bagian luar bawang merah kaya zat alam yang sangat berharga, yaitu serat, terutama yang sulit larut dan flavanoid. Kulit bawang juga mengandung senyawa fenolik dengan kandungan antioksidan yang tinggi. Sedangkan bawang merahnya sendiri mengandung sulfur dan fructan.

Asupan seratnya dapat mengurangi penyakit kardiovaskular, keluhan gastrointenstinal, kanker usus besar, diabete tipe 2 dan obesitas. Sedangkan senyawa fenoliknya membantu mencegah penyakit koroner dan antikarsinogenik. Luar biasa bukan manfaat bawang baik kulit luar maupun bagian dalamnya. Fakta ini bersumber dari Intisari.

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...