Blog Ini Disponsori Oleh:

Selasa, 13 Mei 2008

Hidup Bahagia Dengan Talasemia

Transfusi darah dan mengeluarkan zat besi dari tubuh, itulah inti penanganan pasien talasemia. Tak ada upaya pencegahan yang bisa dilakukan, selain pemeriksaan dini. Perubahan gaya hidup pun sebenarnya tidak terlalu berpengaruh, tapi alangkah baiknya bila hal-hal berikut dapat dilakukan:

Nikmati Hidup
Life is for living. Tetaplah berpikir positif dan jalani kehidupan seperti kebanyakan orang. Pergi ke sekolah, bekerja, atau bersantai bersama teman dan keluarga. Just enjoy it!
Aktifitas Fisik
Aktifitas fisik sangat baik untuk kesehatan tubuh, hati, dan pikiran. Lakukan aktifitas yang ringan sekalipun, seperti berjalan kaki ke halte bus.
Diet Besi
Kurangi makanan dengan kandungan zat besi tinggi seperti daging merah. Makanan yang diasinkan atau diasamkan serta produk fermentasi sebaiknya juga dikurangi karena bisa meningkatkan penyerapan besi. Mengonsumsi kopi atau teh konon bisa mengurangi penyerapan besi. Pilih juga menu ‘miskin zat besi’ seperti daging putih dan kecap (soy products) serta dairy food. Saat membeli produk kalengan, periksa kemasan, apakah ada penambahan bahan yang mengandung zat besi, seperti tepung yang diperkaya zat besi. Hindari juga suplement vitamin, kecuali bila dianjurkan dokter.
Hindari Alkohol
Alkohol dapat memperburuk kerusakan hati akibat hepatitis dan keracunan besi. Selain itu, pikirkan kemungkinan interaksi alkohol dengan obat yang diminum.

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...