Blog Ini Disponsori Oleh:

Rabu, 28 September 2011

3 Mitos & Fakta Tentang Bayi

Kehadiran si buah hati di dalam rumah, selain mendatangkan kebahagiaan yang tak terkira juga dapat membuat orang tua baru kebingungan. Maksud hati ingin menggali informasi dengan mendengarkan masukan dari banyak orang, membaca banyak buku dan melihat banyak panduan visual, tapi justru tambah pusing! Nah, agar tidak terlalu bingung dan akhirnya salah kaprah, dokter Merry beberkan beberapa hal tentang bayi yang sering disalah pahami.

Bayi Minimal Sekali BAB Sehari
Saluran pencernaan bayi memang mengalami pergerakan tiap harinya, namun kadang bayi baru bisa BAB tiap 3-4 hari sekali. Ini berlangsung sekitar 2-3 bulan. Namun, para orang tua muda berpikir bahwa bayinya itu sedang konstipasi. Jika pergerakan dalam saluran pencernaan sudah sangat keras dan tidak teratur atau anda melihat ada darah di popoknya, segera hubungi dokter anak.
Bayi Harus Mandi Tiap Hari
Pada bayi dan juga orang dewasa, mandi bisa mengurangi kelembapan kulit. Karena kulit bayi sangat tipis dan rentan, terlalu sering mandi dapat menyebabkan kulit kering dan iritasi. Asal bayi tidak terlalu kotor atau lengket karena terlalu banyak bedak atau lotion, anda cukup mengelapnya saja.
Menyentuh Fontanel Bayi akan Melukai Otaknya
Fontanel, bagian lembut di bagian depan kepala bayi adalah bagian yang terbuka dari tengkorak kepala yang belum tertutup rapat tapi diselubungi oleh kulit. Bagian ini sangat rentan, karenanya orang tua sangat takut dengan bagian itu. Padahal sebenarnya bagian tersebut baik-baik saja. Bagian tersebut akan benar-benar tertutup tengkorak pada umur setahun, sementara yang berada di bagian belakang kepala akan tertutup saat umur 2-3 bulan.

3 komentar:

ASAZ mengatakan...

tips bagus buat keluarga muda yg baru punya momongan

Riawan Djack mengatakan...

Wah, nice Dok artikelnya.
tambahan satu lagiwawasan buat yang muda seperti saya.
salam.

Blog Taman Bacaan ( http://riawandjack.blogspot.com/ )

merrysamsuri mengatakan...

@ASAZ : terima kasih atas atensinya.
@Riawan : Alhamdulillah bisa bermanfaat... :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...