Blog Ini Disponsori Oleh:

Minggu, 03 Juli 2011

Menjaga Mutu ASI dan Cara Menyimpannya

Air Susu Ibu atau lebih dikenal dengan ASI lebih unggul dibandingkan makanan bayi manapun. Karena, selain alami, ASI mengandung gizi memadai dan sesuai untuk tumbuh kembang fisik dan kecerdasan bayi. Dukungan orang tua, ibu mertua, kakak wanita dan suami tercinta sangat penting agar upaya pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan berhasil dengan baik. Ibu harus diingatkan untuk cukup makan makanan bergizi, minum minuman menyehatkan dan rehat yang cukup. Ciptakan suasana rumah yang tenang, aman dan nyaman agar ibu terhindar dari stres yang dapat mengganggu produksi ASI.

Mutu dan jumlah produksi ASI juga harus diperhatikan. Si ibu harus mengkonsumsi makanan bergizi seimbang dengan porsi lebih banyak dari biasanya. Minum air putih minimal 8 gelas sehari dan cukup rehat 7-8 jam sehari dengan 1-2 jam diantaranya untuk tidur siang atau sekedar berbaring. Ibu juga harus rajin memijat payudara secara teratur dan sering menyusui. Bila tidak rutin maka produksi ASI dikhawatirkan menurun.

Bila ibu harus kembali sibuk bekerja, sempatkan untuk menyimpan ASI di rumah. ASI yang disimpan di rumah di tempat yang sejuk dapat bertahan 6-8 jam. Sedangkan bila disimpan dalam termos berisi es batu akan tahan sekitar 24 jam. Kalau disimpan di kulkas akan tahan 3 kali lebih lama, yaitu 3 hari. Dan bila disimpan di freezer bisa tahan hingga 2 minggu. Sebelum meminumkan dengan sendok, ASI dapat dihangatkan dalam mangkok berisi air hangat. Jangan dipanaskan di atas api karena dapat menghilangkan kandungan gizi di dalamnya.

Demikian tulisan ini dibuat sebagai dukungan blog dokter Merry terhadap gerakan ASI eksklusif.

4 komentar:

Ejawantah's Blog mengatakan...

Terimakasih atas infonya semoga bermanfaat untuk kita semua.

Sukses selalu
Salam
Ejawantah's Blog

Dewa Made Ari S mengatakan...

Betul sekali, saya telah membuktikan. anak saya diberi ASI - tentu saja oleh istri saya he he he... - sampai sekarang umur 20 bulan masih ASI, dan daya tahan anak saya lebih kuat menghadapi berbagi penyakit. Itulah kebesaran Tuhan yang telahmenyediakan ASI yang sangat bergizi tetapi tidak memberatkan kantong. Salam Kenal http://ftw1974.blogspot.com/2011/09/deway.html

www.ikofxindonesia.com mengatakan...

asia adalah susu yg paling murni yg sudah di rancang sedemikain rupa oleh sang penciptanya.... jadi gak perlu di jaga saja sudah seterill .. benergak..?

merrysamsuri mengatakan...

@www.ikofxindonesia.com : betul...
@Dewa : Alhamdulillah... Salam kenal kembali
@Ejawantah : Terima kasih kembali, smoga bermanfaat

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...