Blog Ini Disponsori Oleh:

Minggu, 11 September 2011

Mengupas Manfaat Mentimun

Ketimun atau Mentimun yang bernama latin Cucumis Sativus ini merupakan buah kegemaran hampir seluruh masyarakat di Indonesia. Ia selalu hadir dalam tiap masakan, seperti: gado-gado, rujak, salad, lapan, asinan hingga acar. Almarhum mertua saya, papa dari suami saya, Achmad Sachlan sangat menyukai jus mentimun untuk menu berbuka puasanya. Menurutnya mentimun memiliki kandungan air yang sangat tinggi sehingga bisa menghilangkan haus dan dehidrasi seketika. Bagaimana dengan anda? Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai nutrisi dan manfaat kesehatan yang terdapat dalam mentimun, mari kita jelajahi area kesehatan apa saja yang didapat dari konsumsi buah yang termasuk suku labu-labuan ini:

1.Perawatan Kulit Wajah 
Pernah melihat perempuan yang menutupi matanya dengan irisan mentimun? Ya, mentimun mengandung asam askorbat dan asam kafeik yang dapat menurunkan tingkat retensi mata sehingga mengurangi pembengkakan di sekitar mata. Kandungan vitamin A, B dan C yang tinggi serta berbagai mineral, seperti magnesium, kalium, mangan dan silika membuatnya penting untuk perawatan khususnya untuk mengencangkan kulit. Mentium juga bersifat diuretik, efek pendingin dan pembersihnya sangat bermanfaat bagi kulit.
2.Solusi Pencernaan 
Maag, Gastritis, Asam Lambung, Tukak dan masalah pencernaan lain dapat disembuhkan dengan rutin mengkonsumsi jus mentimun. Kandungannya nilai mampu mengusir racun dari sistem pencernaan dan ampuh sebagai obat sembelit. Mentimun juga mengandung enzim Erepsin yang membantu pencernaan protein.

3.Sahabat Sendi, Rambut, Kuku, Gigi & Gusi 
Mentimun mengandung Silika yang menjaga sendi dengan memperkuat jaringan ikat, menyuburkan rambut dan merawat keawetan kuku jari tangan dan kaki. Bila dicampur dengan jus wortel dapat mengurangi nyeri sendi, asam urat, encok dan rematik. Konsumsi mentimun mentah juga dapat meningkatkan air liur yang berfungsi menetralisir asam dan basa dalam rongga mulut. Sedangkan jusnya efektif mengobati Pyorrhea.
4.Menjaga Tekanan Darah 
Potasium, Magnesium dan Serat dalam mentimun akan membantu tekanan darah tetap stabil dan normal.

5.Pembasmi Cacing Pita & Fungsi Anti Inflamasi 
Biji mentimun adalah obat alami pembasmi cacing pita di saluran usus dan anti inflamasi yang efektif mengobati pembengkakan selaput lendir hidung dan tenggorokan.
6.Solusi Diabetes & Ginjal 
Kandungan mineral Mangannya sangat bermanfaat dalam sintesis insulin alami dalam tubuh penderita diabetes. Mentimun juga bermanfaat meringankan masalah kandung kemih dan ginjal. Sebagai diuretik alami terbaik, kandungan airnya memperlancar proses urinasi.
Demikianlah fungsi Mentimun. Murah tapi menyehatkan. Dokter Merry berharap semoga artikel ini bermanfaat ya.

3 komentar:

Aji Prast mengatakan...

katanya timun juga bisa untuk mengobati sakit mata ya dok, dengan cara ditempelkan ke mata begitu? betul gak dok.

salam kenal dok, visit balik ya kalo ada waktu :)

Siswanto mengatakan...

makasih sharenya jeng merry. bermanfaat

dan menyemangati sekali buat kita. o

ya, saya lagi gerah ni sama pengelola

blog yang hobinya copas dari blog

orang lain. penjahat2 itu copas tanpa

aturan untuk dilink lagi ke bisnis

onlinenya. Ayo, bikin artikel lagi

jeng,untuk mengkampanyekan

gerakan perangi penjahat copas di

internet. waspadai blogmu dicopas

orang lain untuk cari duit penjahat

copas.

Bisnis Online mengatakan...

makasih infonya bu dokter

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...