Blog Ini Disponsori Oleh:

Senin, 03 Oktober 2011

Mandi Air Hangat Versus Air Dingin

Seberapa sering anda mandi dengan air hangat di pagi hari? Jika jawabannya tiap hari, mari kita ubah bersama kebiasaan itu. Karena, di pagi hari kita disarankan untuk mandi air dingin. Meskipun terkadang berat, tapi lebih banyak manfaatnya. Sementara mandi air hangat boleh dilakukan bila kondisi tubuh terlalu lelah di malam hari. Karena, mandi air hangat dapat mengendurkan otot, memberikan relaksasi dan mengatasi insomnia. Nah, bila anda mandi air hangat di pagi hari, otomatis anda akan mengantuk dan dalam kondisi rileks. Jadi, mandilah dengan air dingin agar siaga dan semangat.

Nah, terkait dampak dari mandi air hangat di atas, dibawah ini dokter Merry coba paparkan beberapa resiko dari terlalu seringnya mandi air hangat:
Memperbesar Pori-pori
Untuk membersihkan wajah yang berdebu penuh minyak dan kotoran, mandi air hangat menurut dokter Merry sangat membantu. Namun bila kegiatan ini tidak ditutup dengan kegiatan mandi air dingin, maka pori-pori anda akan membuka dan semakin lebar yang menyebabkan mudah terbentuknya jerawat.
Menurunkan Kualitas Sperma
Berendam atau mandi air hangat tidak baik untuk testis karena dapat menurunkan produksi sperma karena membuat sperma semakin lama matang. Tapi, efek negatif ini bersifat reversible/ dapat berubah.
Membahayakan Janin
Sebenarnya mandi air hangat tidak masalah untuk ibu hamil (bumil). Tapi, yang perlu diperhatikan adalah suhunya. Bila terlalu tinggi dapat berbahaya bagi jabang bayi. Suhu tinggi di awal-awal kehamilan dapat menyebabkan cacat lahir pada anak.

Kebalikannya dengan air dingin terutama pada pagi hari justru memberi manfaat pada kulit dan pembuluh darah seperti:
Memperlancar Sirkulasi Darah
Air dingin membuat aliran darah menuju organ-organ tubuh. Mandi air dingin menurut dokter Merry lebih meningkatkan sistem sirkulasi darah. Nah, sirkulasi darah yang baik dapat menghindarkan kita dari berbagai penyakit serius, seperti hipertensi, pengerasan arteri dan munculnya varises.
Kulit Bercahaya dan Awet Muda
Mengecilkan dan menutup pori-pori dengan air dingin dapat mencegah masuknya kotoran dan minyak yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan ketidak sempurnaan kulit, seperti jerawat. Air dingin juga dapat menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata karena mampu mengurangi pembengkakan pembuluh darah.
Menyehatkan Rambut
Air dingin membuat rambut sehat dan bercahaya karena dapat menutup kutikula sehingga membuat rambut lebih kuat dan mencegah kotoran menumpuk di kulit kepala. Sehingga, rambut akan lebih kuat saat disisir dan memperlambat tumbuhnya uban.
Semangat baru!
Di jaman Samurai kuno, prajurit selalu menyiram air dingin ke kepala setiap pagi dengan mempraktekkan Misogi. Ini adalah ritual pemurnian spiritual untuk mendapatkan semangat baru, membantu memulai hari dan siap menghadapi petualangan baru yang menantang.

Jadi, anda pilih mana? Air hangat atau air dingin?

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...