Blog Ini Disponsori Oleh:

Selasa, 30 Agustus 2011

(GoVlog-Ramadan) Tekan Kolesterol Pasca Lebaran

Puasa telah lewat. Insya Allah mereka yang menjalankannya akan menjadi sehat. Karena selain waktu makan jadi teratur, asupan makanan pun lebih sehat dan terjaga. Kini saatnya Lebaran, hari kemenangan setelah puasa. Sudah menjadi tradisi, masyarakat menyambutnya dengan berbagai makanan yang enak-enak: opor ayam, sambal goreng ati, rendang, aneka kue dan lainnya. Sayangnya, tak semua makanan yang enak-enak itu sehat. Karena biasanya mengandung banyak minyak, mentega, santan, gula dan garam. Semuanya dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah.

Kadar kolesterol normal antara 160-200 mg. Dan bila lebih dari 200 mg sudah sangat berbahaya karena dapat menyebabkan stroke. Selain stroke, tingginya kolesterol juga dapat menyebabkan penyakit jantung dan pembuluh darah. Bagaimana menekan kolesterol pasca lebaran? Apalagi kita terkepung dengan makanan masakah sendiri maupun kiriman dari tetangga. Ya, selain makan secukupnya dan tidak berlebihan, kita juga harus mengkonsumsi sayur dan buah dibawah ini:

1. Tomat
Buah ini mengandung 9-okso-oktadekadioneat yang dapat menghancurkan dislipidemia (ketidak normalan lemak dalam darah) sebagai salah satu faktor penyebab penyakit jantung.

2. Jeruk Lemon
Mengandung banyak pektin yang mampu pengaturan seimbang antara lemak dan gula serta membantu menurunkan kolesterol. Konsumsi Lemon secara rutin dapat menambah asupan vitamin C dan membakar 30% lebih lemak kolesterol jahat bila disertai olahraga teratur.
3. Anggur
Pilih yang berwarna ungu. Flavanoidnya mampu menghambat aktivitas platelet (penggumpalan darah) akibat kolesterol dan memperbaiki fungsi endotel.
4. Delima
Dikenal juga dengan nama Pomegranate. Anti oksidan supernya mampu menjaga tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, memperlambat proses oksidasi kolesterol jahat hingga 40%. Kandungan polifenolnya juga mirip seperti dalam teh hijau yang dapat menekan kolesterol.

Dengan 4 buah ini, mudah-mudahan kolesterol anda setelah lebaran tidak naik dan anda tetap sehat wal afiat bukan hanya sementara tapi untuk selama-lamanya. Selamat Lebaran!
 

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...