Blog Ini Disponsori Oleh:

Kamis, 01 September 2011

Membudayakan Cuci Tangan Saat Lebaran

Alhamdulillah, Idul Fitri 1 Syawal 1432H atau biasa kita kenal dengan Lebaran telah kita lalui bersama. Kini, kita umat Islam di Indonesia telah memasuki Syawal, bulan yang tak kalah mulianya dengan Ramadhan. Meskipun Lebaran telah lewat, selama Syawal ini silaturahmi tetap jalan. Saling mengunjungi sanak saudara dan bertukar makanan khas Lebaran. Lalu apa hubungannya Cuci Tangan dengan Lebaran? Ada! Karena selama itu kita pasti Berjabat Tangan, Makan dan Minum, Memegang/ Menyentuh Uang dan Benda-benda lain serta masih banyak aktivitas lain yang tak kalah kotor dan tidak sehat.

Nah, inilah saat kita membudayakan Cuci Tangan. Kenapa? Semata untuk tetap menjaga kesehatan tubuh kita. Karena dengan cuci tangan, kuman penyakit akan mati sehingga tangan bebas kuman dan menjadi bersih. Cuci tangan juga dapat mencegah penularan diare, penyakit kulit, infeksi pernafasan dan yang tak kalah seram... Flu Burung! Apalagi aktivitas terbanyak kita adalah bersentuhan tangan dengan orang lain, seperti cium tangan, sungkem, bersalaman dan berjabat tangan. Tangan tidak hanya bertemu tangan tapi juga bertemu hidung, mulut atau dahi kita.

Lalu, bagaimana cara mencuci tangan dengan baik? Mudah koq! Pastikan airnya bersih dan mengalir. Bisa dibawah keran atau dialirkan dengan gayung air/ selang. Lalu bersihkan semua bagian tangan, seperti telapak, pergelangan, sela-sela jari dan punggung tangan. Yang terpenting, gunakan sabun ya! Setelah itu dibilas dan dikeringkan. Kenapa harus pakai air bersih dan sabun? Semata agar kebersihan tangan kita maksimal, tidak ada lagi kuman penyakit dan kotoran yang tertinggal. Karena mereka tak terlihat oleh mata telanjang. Oke sobat-sobat, selamat membudayakan cuci tangan sebagai bagian dari perilaku hidup bersih dan sehat ya! Met lebaran dari kami.

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...