Blog Ini Disponsori Oleh:

Minggu, 02 November 2008

Jawaban Komentar dari MaryCutezzz's Blog

Mohon maaf untuk keterlambatan menjawab pertanyaannya.
Kutipan pertanyaan dari : MaryCutezzz's Blog
MaryCutezzz's Blog mengatakan...
Boleh tanya ga Dok? Bibi saya sedang mengidap penyakit kanker payudara stadium 3.. Kira2 makanan apa saja yang dianjurkan dan makanan apa saja yang seharusnya dihindari? Thx.. ^^
2008 Agustus 2 05:58
Dear MaryCutezzz,
Penderita kanker sering mengalami kaheksia, yakni sindrom yang ditandai dengan gejala klinik berupa anoreksia, perubahan ambang rasa kecap, penurunan berat badan, anemia, gangguan metabolisme, protein, dan lemak. Keadaan ini merupakan akibat dari kanker, baik lokal maupun sistemik, juga komplikasi obat anti kanker.
Pada prinsipnya tidak ada pantangan apapun untuk makanan bagi penderita kanker, selama tidak alergi terhadap makanan tersebut. Namun, beberapa hal perlu diperhatikan dalam penyusunan menu.
  1. Secara umum, kebutuhan kalori yang dianjurkan adalah 25-35 kalori/kg berat badan/hari, dengan kebutuhan protein 1-2 gram/kg berat badan/hari. Menu seimbang protein, karbohidrat, vitamin, dan mineral.
  2. Pemilihan jenis makanan bervariasi dan mencukupi kebutuhan gizi harian.
  3. Metode pengolahan sebaiknya menghindari makanan yang dibakar, karena adanya carbon (bagian yang hitam), sebagai zat karsinogenik.
  4. Dianjurkan untuk makan dalam porsi kecil namun sering, untuk mengantisipasi nafsu makan yang menurun serta rasa mual akibat obat yang diterima bila menjalani kemoterapi.
  5. Perbanyak konsumsi sayur dan buah segar, karena banyak mengandung antioksidan.

Semoga dapat membantu. ^_^

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...