Blog Ini Disponsori Oleh:

Minggu, 17 Oktober 2010

Seks Setelah Melahirkan

Kapan? Banyak pasangan, khususnya pria ingin tahu kapan mereka boleh kembali berhubungan seks setelah melahirkan. Vagina wanita yang baru melahirkan tentu juga mengalami trauma. Ini bila melahirkan dengan cara normal. Dalam kondisi yang sangat baikpun, vagina masih sangat sensitif. Selain itu, bila Anda menyusui, mungkin terjadi vaginal atrophy - menipis serta mengeringnya jaringan vagina akibat kurangnya estrogen dalam tubuh. Semuanya terserap untuk buah hati anda.

Banyak dokter menyarankan agar menunggu hingga 4 minggu untuk dapat berhubungan seks lagi. Beberapa dokter meminta pasangan suami-istri untuk menunggu hingga istri menjalani pemeriksaan pasca melahirkan yang biasanya dilakukan 6 minggu setelah melahirkan. Sedangkan dalam Islam ada istilah Nifas, yaitu kondisi setelah melahirkan yang masih mendapat keringanan tidak menjalankan Shalat. Lamanya kira-kira 6-8 minggu, tapi seluruh alat genetalia baru benar-benar pulih seperti sedia kala setelah 3 bulan.

Pada kesempatan ini, Anda dapat mendiskusikan metode kontrasepsi dengan dokter dan juga pasangan sehingga tidak perlu menghadapi kehamilan berikutnya yang terlalu cepat. Intinya, semua terletak pada komunikasi dan pengertian dari pasangan.

5 komentar:

Udik's mengatakan...

artikel ibu sangat menarik sekali. saya ingin bertanya apakah benar secara medis berhubungan intim setelah melahirkan dapat membuat ASI ibu berkurang nutrisinya sehingga bayi menjadi loyo atau badannya tidak singset padet begitu.ini berangkat dari asumsi atau keyakinan orang jawa. terimaksih sebelumnya.

Nona mengatakan...

klo setelah kegugurn buth wakt juga ya buat brhbngan intim...

merrysamsuri mengatakan...

Udik's : tentu saja tidak ada hubungannya antara nutrisi ASI dan kegiatan berhubungan intim. Yang penting nutrisi ibu tercukupi.

Valven : yup, tentu saja butuh waktu... Terutama juga untuk menenangkan kondisi mental ibu

masnur mengatakan...

hmm gitu ya...
inilah bukti bahwa semua syariat Islam itu cocok untuk selulruh ummat manusia...
terbukti kan, kanapa selama masa nifas dilarang melakukan hubungan suami isteri...

Bunda ghaly mengatakan...

Klo setelah operasi caesar bagaimana? Samakah dengan yg melahirkan scara normal?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...