Blog Ini Disponsori Oleh:

Rabu, 12 September 2007

Membuat Salad Sehat

Salad buah dan sayur kaya kandungan vitamin dan mineral, serta bisa dibuat rendah lemak dan kaya serat. Ternyata daun hijau serta buah dan sayuran berwarna kuning tua adalah sumber vitamin C. Sayuran dan buah lain mengandung vitamin C, asam folat, besi dan magnesium. Berikut adalah beberapa tips untuk membuat salad yang benar-benar sehat:

Hati-hari dengan dressing
Salad tidak lagi rendah lemak bila dikonsumsi dengan dressing terlalu banyak. Dressing dapat menambah 100 kalori per sendok makan. Sementara salad tanpa dressing hanya mengandung 25 kalori per setengah cangkir sajian. Ambil dressing secukupnya karena jika terlalu banyak dapat mengubah cita rasa sayuran.
Basuh sayuran hijau sebelum disimpanBersihkan sayuran dengan air kran yang mengalir. Keringkan dan simpan dalam kantong plastik di dalam lemari es supaya salad segar ketika dimakan.
Jangan potong dengan pisau
Untuk sayuran berdaun hijau potong sayuran dengan tangan. Jangan gunakan pisau karena akan menyebabkan sayuran berwarna kecokelatan.
Jangan dimasak terlalu lama
Ada beberapa jenis sayuran yang dimasak terlebih dahulu, misalnya jagung manis dan kembang kol. Semuanya jangan dimasak terlalu lama karena akan menghilangkan kandungan dan mengubah cita rasa aslinya.
Rendam apel dalam jus (air) lemon
Apel, pisang, dan pir selalu berubah menjadi kecokelatan tak lama setelah dipotong. Rendam potongan buah tersebut dalam jus (air) lemon supaya terlihat tetap cantik dalam waktu lama.

1 komentar:

liandcy mengatakan...

Dokter, bagaimana cara membuat dressing alami sendiri?

Tlong beritahu bahan2nya, terima kasih :)

Oya, sy menjual produk2 organik lo.
Bisa dilihat di produkperawatanorganik.blogdetik.com

mudah2an tertarik dan berkenan berkunjung...

Alfa, Malang

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...