Blog Ini Disponsori Oleh:

Jumat, 31 Agustus 2007

Mengukur Stres Dari Ludah

Selama ini, stres lebih sering diukur dari apa yang tampak oleh mata. Bila seseorang terlihat awut-awutan, mukanya kusut, rambu acak-acakan, selalu tegang, temperamental atau malah tiba-tiba murung, boleh jadi dia sedang stres. Kini, sangat memungkinkan mendeteksi stres secara lebih akurat! Hal itu bisa dilakukan dengan melacak seberapa dahsyat kadar stres menyerang dengan alat pengukur stres. Dengan alat ini, program penyembuhan bisa secara lebih dini dilakukan.

Alat pengukur ini diberi nama Cocoro Meter dan diproduksi oleh Nipro – Jepang. Cara kerjanya, air liur diteteskan di chip yang kemudian dimasukkan dalam gadget Cocoro seukuran ponsel. Cocoro bekerja dalam hitungan detik, kemudian menampilkan angka kadar stres si pemilik liur.
Secara medis dijelaskan, dari air liur bisa diukur tingkat amylase, enzim yang terbentuk ketika seserang mengalami tekanan mental atau fisik. Belum jelas, apakah Cocoro akan dijual di Indonesia atau tidak. Yang jelas, Indonesia merupakan pasar potensial yang dapat dibidik Nipro – Jepang.

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...