Blog Ini Disponsori Oleh:

Jumat, 09 Desember 2011

Mengobati Jerawat dengan Kunyit

Nama latinnya Curcuma Domestica. Kita lebih mengenalnya sebagai kunyit, tanaman herbal asli Asia Selatan yang tumbuh subur di Indonesia. Disebut tanaman herbal/ obat karena berguna untuk mengobati beberapa penyakit karena bahan aktifnya bertindak sebagai anti-inflamasi dan antiseptik. Kandungan pewarna kuning (curcumin) kunyit bersifat anti-inflamasi (anti peradangan), antiseptik dan pengeringan. Menurut laman Livestrong, ini sangat efektif untuk mengobati jerawat.

Anti-inflamasi yang diterapkan topikal efektif mengurangi kemerahan dan iritasi pada jerawat. Sedangkan antiseptik membersihkan kotoran penyebab jerawat dari kulit. Kunyit juga membantu menyerap kelebihan minyak pada permukaan kulit. Lalu, bagaimana memanfaatkan kunyit secara efektif menjadi obat jerawat? Menurut laman Buzzle ada beberapa cara, yaitu:

Dicampur Susu 
Sesendok teh kunyit dicampur ke dalam segelas susu hangat dan diaduk hingga warnanya berubah kuning. Sehari sekali sebelum tidur akan berguna meningkatkan imunitas sehingga tubuh mampu melawan infeksi bakteri jerawat.
Dioleskan di Kulit 
Oleskan bubuk kunyit yang dicampur air hingga menjadi krim secara topikal pada daerah yang berjerawat 1-2 kali sehari setelah bagian tersebut dibersihkan sebelumnya.
Dalam Makanan 
Memperbanyak kunyit sebagai rempah dan bumbu makanan.
Scrub 
2-3 sendok teh bubuk kunyit dicampur dengan 1-2 tetes jus lemon, 1-2 tetes minyak mustard/ zaitun/ jojoba hingga menjadi scrub. Oleskan secara merata pada bekas luka jerawat di wajah. Biarkan selama 15 menit lalu dibilas.

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...