Blog Ini Disponsori Oleh:

Kamis, 10 November 2011

Menjaga Kelembaban & Kesehatan Vagina


Vagina adalah salah satu organ intim wanita yang harus dijaga kelembabannya. Seusai buang air kecil misalnya, vagina harus dijaga agar tetap kering. Mengapa demikian? Karena, jika terlalu basah maka akan memicu infeksi dan menjadi tempat berkumpulnya bakteri. Tiap wanita punya vagina yang unik, karakteristiknya berbeda satu sama lain. Vagina juga memproduksi cairan sebagai respons terhadap gairah seksual dan aktivitas fisik. Selama cairan itu tidak berubah bau dan warna, maka itu normal. Tapi, sebaiknya kita sebagai wanita harus menjaga agar vagina tetap bersih dan kering untuk menghindari infeksi yang tentunya tidak kita inginkan.

Kondisi sekitar vagina yang lembab dapat memicu pertumbuhan bakteri dan jamur berkembang biak. Ini dapat menyebabkan infeksi, seperti Candida Albicans, yang biasanya ditandai keluhan keputihan, gatal pada bibir vagina dan rasa sakit saat buang air kecil. Vagina yang bersih dan kering akan menumbuh suburkan Lactobacillus yang dapat mencegah infeksi. Untuk menjaga agar vagina tetap bersih dan kering, ada beberapa hal yang harus dilakukan. Dokter Merry mengutip ini dari laman Womenshealth.About Selamat menyimak:
1. Bersihkan vagina dengan air bersih yang mengalir dari depan ke belakang setelah buang air kecil maupun besar. Ini menghindari bakteri dari anus masuk ke vagina;
2. Keringkan vagina dan sekitarnya dengan tisu atau handuk kecil. Ganti celana dalam jika terasa lembab atau basah;
3. Hindari pakaian yang terlalu ketat di bagian selangkangan karena dapat memicu keringat berlebih sehingga lembab;
4. Pilih celana dalam katun yang dapat menyerap keringat dengan baik dan hindari celana dalam nilon karena sirkulasi udara ke vagina kurang bagus. Ganti celana dalam minimal 2 kali sehari;
5. Mengganti pakaian renang atau basah akibat keringat sesegera mungkin;
6. Mengganti pembalut secara teratur selama haid, pilih pembalut yang tidak menyebabkan iritasi. Bila terpaksa menggunakan pantyliner, jangan digunakan seharian dan pilih yang tidak mengandung parfum.

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...