Blog Ini Disponsori Oleh:

Rabu, 23 November 2011

8 Makanan Penyebab Bau Badan & Bau Mulut

Bau badan dan bau mulut merupakan masalah yang cukup penting karena sangat berpengaruh terhadap kepercayaan diri seseorang. Keduanya dipengaruhi beragam hal, seperti jenis kelamin, pekerjaan, mood, keturunan, obat-obatan hingga makanan yang kita konsumsi. Deodoran atau parfum mungkin dapat menutupi bau badan yang tak sedap, tapi hanya untuk sementara. Sedangkan pola makan yang lebih sehat dengan membatasi konsumsi beberapa makanan terbukti menjadi alternatif yang lebih ampuh. Berikut beberapa makanan yang harus dihindari untuk mencegah bau badan dan bau mulut, disarikan dokter Merry dari berbagai sumber:
1. Rempah-rempah 
Rempah dengan aroma kuat seperti bawang merah dan bawang putih, saat dicerna akan menghasilkan gas sulfur yang diserap darah dan dieliminasi melalui paru-paru dan pori-pori kulit. Hal ini pastinya menimbulkan bau tak sedap dari permukaan kulit dan dari pernafasan.
2. Daging Merah 
Butuh waktu lama untuk mencerna daging merah, sehingga saat menunggu itu melepaskan gas berbau busuk yang mempengaruhi keringat. Sebuah studi menyebutkan bahwa pria yang tidak mengkonsumsi daging merah lebih menarik bagi wanita karena bau badannya lebih alami.
3. Alkohol dan Kafein 
Membatasi atau justru menghindari minum alkohol dan minuman-minuman yang mengandung kafein dapat membuat badan terasa lebih segar dan menghindari timbulnya bau tak sedap dari keringat.
4. Makanan Olahan dan Junkfood 
Terlalu banyak mengkonsumsi makanan olahan dan junkfood yang mengandung banyak garam dan gula buatan, tepung dan minyak cenderung merangsang proses pembusukan di perut, sehingga menimbulkan bau nafas yang tak kita inginkan.
5. Karbohidrat Rendah 
Pengurangan karbohidrat menyebabkan asupan makanan kaya protein menjadi lebih tinggi. Ini membantu pembakaran timbunan lemak dalam tubuh. Namun, proses ini melepas keton ke dalam aliran darah membuat bau keringat lebih menyengat.
6. Produk Susu 
Susu dan produk turunannya tentu kaya protein yang ketika dipecah dalam perut akan menimbulkan hidrogen sulfida dan metil merkaptan. Keduanya menjadi pemicu munculnya bau busuk dalam perut.
7. Kolin 
Makanan yang kaya kolin, seperti telur, hati, ikan dan kacang-kacangan bisa membuat keringat kita berbau amis. Apalagi bagi sebagian orang yang tidak bsia mencerna makanan ini dengan mudah.
8. Gorengan 
Lemak dan minyak di dalam makanan yang digoreng akan menjadi tengik dengan berjalannya waktu dan bisa mengarah pada pencernaan yang buruk. Pada akhirnya berdampak pada bau badan yang tidak sedap. 

Untuk mencegah bau badan dan bau mulut, ada beberapa hal yang bisa anda lakukan, yaitu: banyak mengkonsumsi air putih, makanan mengandung serat dan buah-buahan rendah kolin, seperti apel, stroberi, jeruk, anggur, tomat, nanas, pisang dan semangka serta hindari merokok/ tembakau. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...