Blog Ini Disponsori Oleh:

Minggu, 01 Juni 2008

Kupas Tuntas Tuberkulosis

TB atau yang lebih dikenal dengan TBC adalah suatu penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri yang disebut dengan Mycobacterium Tuberculosa. TB biasanya menyerang paru-paru (90%), namun sebagian kecil dapat juga menyerang organ lain, seperti tulang, otak, kelenjar getah bening, ginjal, dan organ-organ lainnya. Semua orang dapat terserang TB, dapat menyerang seluruh golongan usia, namun yang terbanyak adalah usia produktif. Kuman TB dapat menular langsung melalui udara, ketika penderita TB bicara, batuk, bersin dan bernyanyi.


Siapakah yang dapat menularkan kuman TB? Hanya orang dewasa dengan TB aktif (BTA+) yang dapat menularkan TB. Faktor yang mempengaruhi penularan adalah sumber penularan, lingkungan, daya tahan tubuh. Tidak setiap orang yang tertular kuman TB akan sakit TB. Jika daya tahan tubuh kuat, kuman dapat dieliminasi dan sebagian kecil dalam keadaan dorman (tidur).


Apa tanda-tanda sakit TBC?
Pada orang dewasa: Batuk > 2 minggu, batuk darah, sesak nafas, nyeri dada, deman, keringat malam, nafsu makan dan berat badan menurun. Pada anak-anak: berat badan kurang, demam yang tidak diketahui penyebabnya, batuk kronik, pembesaran kelenjar getah bening. Untuk memastikan seseorang sakit TB perlu pemeriksaan dahak/sputum, dan uji tuberkulin (pada anak-anak).


TB dapat diobati. Untuk pasien TB dengan kategori I (kasus baru), pengobatan 6 bulan, dan untuk kategori II (kasus kambuh atau putus obat), pengobatan 8 bulan. Pengobatan harus diikuti dengan baik, jika tidak dapat memperburuk keadaan, dan menimbulkan TB dengan resistensi ganda.

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...