Blog Ini Disponsori Oleh:

Rabu, 17 Oktober 2007

Bebas Pegal Saat Mudik

Perjalanan jauh saat mudik memang tidak nyaman! Belum lagi macet atau kapasitas kendaraan yang mbludak… Karenanya, sebagai Pemudik Sejati, banyak yang harus dipersiapkan. Agar saat tiba di kampung halaman, kondisi badan tetap sehat dan bugar tanpa bagian tubuh manapun yang sakit.
Sebelum mudik, hal pertama yang harus dilakukan ialah tidur yang cukup dan makan yang kenyang. Ini untuk menunjang kesiapan dan daya tahan tubuh. Selain itu, jangan pake baju ketat saat perjalanan. Karena, ruang gerak jadi terbatas dan percaya deh… pasti bakalan ngerepotin!

Berikutnya, perbanyak menggerakkan badan. Bisa dengan menggerakkan otot betis dan kaki secara teratur. Kalau masih sempat, angkat dan turunkan kedua tumit kaki berulang kali. Ini akan mengurangi ketegangan yang terjadi karena terlalu lama berdiri atau duduk. Bisa juga dengan mengencangkan dan mengendurkan otot-otot pantat dan perut berulang kali. Bernafas dengan hitungan teratur. Hirup udara lewat hidung, tahan beberapa saat dan hembuskan melalui mulut. Semua ini akan membantu memperlancar peredaran darah ke jantung.

Untuk ngelurusin atau ngelempengin badan, usahakan pinggang ditekankan dengan kuat ke tempat duduk atau tempat bersandar! Tarik otot-otot perut ke dalam, tahan selama 2-3 detik, lalu kembali ke posisi semula. Lalu, gerakkan pinggang ke depan hingga pinggang terlihat lengkung. Begitu seterusnya. Kalau masih pegal juga, geser berat badan melalui pantat. Goyang ke kanan dan ke kiri, ke depan dan ke belekang lalu memutar. Cobalah selama 5-10 detik.

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...