Blog Ini Disponsori Oleh:

Sabtu, 12 November 2011

6 Makanan Baik yang Sebenarnya Tidak Sehat

Tiap individu selalu berupaya mengkonsumsi lebih banyak asupan gizi. Tidak semata untuk menurunkan atau mempertahankan berat tubuh, tapi juga untuk memastikan mendapatkan semua kebutuhan yang diperlukan agar tetap sehat dan bugar. Tiap hari kita minum susu, makan lima porsi sayur mayur dan buah buahan, menambahkan biji-bijian ke dalam makanan kita bahkan sampai mempelajari label nutrisi pada kemasan makanan. Namun, ada beberapa makanan yang justru kita pikir termasuk makanan yang baik untuk tubuh ternyata tidak sehat. Berikut dokter Merry sebutkan jenis-jenis makanan tersebut di bawah ini yang dirangkum dari berbagai sumber. 
Sup Ayam 
Seringkali kita membuat dan menyantap sup ayam saat flu dan malaise untuk mengembalikan kondisi tubuh. Tapi, tahukah anda kalau sup ini banyak mengandung natrium dan juga bahkan lemak yang tinggi? Karenanya pilihlah sup kalengan yang mengandung natrium rendah, atau membuat sendiri sup ayam tersebut sesuai selera kesehatan anda. 
Teh dan Jus dalam Kemasan
Kita mungkin berpikir teh dan jus buah adalah pilihan yang lebih baik daripada minuman bersoda. Tapi tahukah anda bahwa teh dan jus dalam kemasan botol mengandung lebih banyak gula dan hanya sedikit kandungan teh atau jus aslinya? Periksalah label kandungannya agar lebih yakin! Jika mengandung sirup jagung fruktosa yang tinggi atau kandungan gula lebih dari 12 gram maka itu bukanlah pilihan yang tepat. Beralihlah ke air mineral atau membeli buah segar dan membuat jus anda sendiri. 
Sandwich 
Tahukah Anda daging mengandung banyak lemak dan natrium, dan salad tuna maupun ayam dibuat dengan menggunakan mayonaise yang jauh lebih banyak dari yang seharusnya. Periksalah informasi nutrisi pada sandwich dan bahan-bahan dari restoran. Lalu, pilihlah mayonaise rendah lemak atau bahan sayuran dengan sedikit tambahan yang rendah lemak. 
Salad 
Buah dan sayuran yang terdapat dalam salad merupakan pilihan yang sehat. Namun begitu banyak campurannya berupa makanan yang kurang sehat, seperti roti, dressing, daging dan keju. So, buatlah salad yang benar-benar terbuat dari buah-buahan dan sayur mayur saja. 
Smoothies 
Smoothies adalah buah dan es yang diblender dan biasanya ditambahkan susu. Logika yang sama dengan jus buah digunakan pada jenis makanan ini – smoothies seharusnya baik dengan semua kandungan vitamin dan antioksidan yang Anda dambaka. Tapi, untuk beberapa alasan, smoothies yang dibuat untuk komersial biasanya bermutu sangat rendah. Smoothies buatan memiliki sirup jagung fruktosa tinggi dan sangat sedikit mengandung jus dan yogurt asli. Smoothies buatan juga dapat menggemukkan karena mengandung banyak kalori. 
Yoghurt 
Wanita membutuhkan kalsium dan vitamin D, sehingga banyak dari mereka yang akan menambahkan yogurt ke dalam menu mereka. Tapi pernahkah Anda mengintip label nutrisi di belakang kemasannya? Yogurt bisa sama tidak sehatnya dengan junk food lainnya, yang sarat kandungan gula, lemak dan banyak lagi lainnya. Pilihlah yogurt yang hanya mengandung sedikit lemak dan sesedikit mungkin gula. Terdapat ratusan rasa dari puluhan merek, jadi bereksperimenlah sedikit untuk mendapatkan pilihan yang paling menyehatkan sekaligus rasa yang pas untuk Anda.

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...