Blog Ini Disponsori Oleh:

Jumat, 22 Februari 2008

Warna Buah dan Gizinya

Banyak dari kita yang gemar makan buah karena sangat bermanfaat bagi tubuh. Kandungan Vitaminnya sangat diperlukan oleh tubuh, terutama vitamin C. Selain itu, kita dapat melihat kandungan zat apa saja yang terkandung dalam buah dengan melihatwarna dari buah tersebut. Bagi anda yang gemar makan buah, berikut ini beberapa kandungan berdasarkan dari warnanya:
1. Merah
Warna merah banyak terdapat dalam buah seperti semangka, stroberi, tomat dan jambu biji. Warna merah tersebut artinya buah mengandung zat antosianin dan likopen. Antosianin berguna untuk mencegah infeksi dan kanker kandung kemih, sedangkan likopen menghambat fungsi kemunduran fisik dan mental agar kita tidak mudah pikun. Selain itu, likopen juga mencagah berbagai macam kanker.
2. Jingga
Melon jingga, pepaya, jeruk dan semua buah yang mengandung warna jingga mengandung betakarotin. Fungsi betakarotin menghambat proses penuaan sel. Sel-sel di dalam tubuh kita makin lama makin tua, dan jika sudah terlanjur tua, maka tugas betakarotin meremajakan kembali. Selain itu, betakarotin yang ada di dalam tubuh berubah menjadi vitamin A yang akan memacu sistem kekebalan tubuh, yang membuat kita tidak mudah terserang penyakit.
3. Kuning
Belimbing, nanas, pisang dan buah lain yang berwarna kuning kaya akan kalium. Beberapa penelitian menyimpulkan bahwa kalium bermanfaat mencegah stroke dan jantung koroner. Kalau Anda suka makan nanas, apalagi dijus, selain rasanya segar, ternyata juga membantu menyembuhkan diare dan mempercepat penyembuhan radang.
4. Hijau
Tengok yang namanya alpukat, melon, anggur hijau. Buah-buahan ini banyak mengandung asam alegat, yang sangat ampuh menggempur bibit sel kanker jenis apa pun. Asam alegat juga membantu menormalkan tekanan darah karena buah berwarna hijau juga mengandung kalium.
5. Putih
Buah yang berwarna putih antara lain sirsak, duku, kelengkeng, dan leci. Kandungan serat dan vitamin C dalam buah-buahan berwarna putih ini tinggi. Memang tidak begitu banyak mengandung antioksidan, tapi serat juga sangat dibutuhkan dalam tubuh. Manfaat langsung serat itu membuat kita nyaman saat buang air besar.


Mengkonsumsi buah tentunya sangat baik untuk kesehatan. Tetapi selain itu, kita tidak hanya mengkonsumsi buah saja, ada makanan lain yang kita konsumsi setiap hari dan semua makanan tersebut belum tentu menyehatkan. Oleh karena itu hal lain yang perlu diperhatikan adalah mengurangi makanan yang mengandung bahan tambahan kimia sintetis seperti pewarna, baking soda, besoat, dan esen. Bahan-bahan ini merupakan sumber radikal bebas yang merangsang jaringan menjadi hiperaktif dan dapat memicu timbulnya kanker. Penyedap makanan juga menggunakan bahan-bahan kimia sintetis. Saat membeli makanan kemasan perhatikan komposisi bahan yang terkandung didalamnya.

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...