Blog Ini Disponsori Oleh:

Selasa, 13 November 2007

Keputihan, Tidak Selalu Putih

Secara umum, keputihan dibedakan menjadi dua, keputihan Fisiologis dan keputihan Patologis. Keputihan fisiologis disebut juga keputihan normal, ditandai keluarnya lendir encer dan bening. Lendir ini tak membuat vagina gatal dan tak menimbulkan bau anyir/ amis. Jenis ini umumnya pernah dialami semua wanita dan normal. Namun, gangguan ini sedini mungkin harus dicegah! Penyebabnya adalah pengaruh psikis, seperti terlalu lelah, cemas, stres, depresi, dan lainnya. Bisa juga disebabkan kurang menjaga kebersihan kulit terutama sekitar alat genital, kurang menjaga kebersihan pakaian dalam dan biasanya timbul menjelang atau setelah menstruasi.

Sedangkan keputihan patologis disebabkan infeksi atau peradangan. Cirinya adalah keluar lendir kental berwarna agak kuning sampai hijau yang berbau. Jenis ini disertai rasa gatal yang mengganggu di sekitar vagina, rasa sakit atau bahkan nyeri saat berhubungan badan. Penyebabnya antara lain radang vulva, radang vagina, radang leher rahim (serviks) hingga radang rongga rahim. Bisa juga karena jamur trichomonas vaginalis dan jamur moniliasis (leandiasis) yang menimbulkan rasa gatal. Bentuk cairan yang keluar bisa seperti cairan susu, kental dan liat kekuningan atau kadang sampai berupa gumpalan seperti keju. Warna sangat tergantung penyebab dan lamanya penyakit diderita. Jika terkena infeksi jamur, biasanya cairan akan menggumpal, berwarna kehijauan dan disertai rasa gatal.

Ada beberapa kebiasaan dan aktivitas kaum wanita yang mendorong munculnya infeksi jamur, bakteri dan mikororganisme. Salah satunya adalah olahraga yang banyak menimbulkan keringat dan kelembapan tubuh yang berlebihan. So, perhatikan betul kebersihan dan kesehatan alat genitalmu, wanita!

1 komentar:

ticus_friend mengatakan...

Dok, umur saya 22 th, sdh menikah. Saya mengalami keputihan, kental, warna putih susu, tidak berbau dan tidak gatal. keputihn yg sy alami sedikit dan tidak tiap hari.yg saya ingin tanyakan ap penyebabny dan bagmn solusinya trm ksh.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...