Blog Ini Disponsori Oleh:

Selasa, 19 Februari 2008

Kehamilan Kembar Dua Atau Lebih

Bagaimana peluang kita mengandung bayi kembar? Dokter Merry sarikan dari Mayoclinic bahwa Tanpa bantuan obat penyubur, peluang remaja memiliki janin kembar adalah 1 diantara 167 kehamilan. Sedangkan, tingkat kemungkinan bagi wanita berusia 40 tahun 1 diantara 55 kehamilan. Disamping itu, mempunyai anak kembar fraternal atau kembar dari dua telur dan dua sperma berbeda mungkin saja terjadi pada beberapa keluarga. Kehamilan kembar lebih dari dua bisa terjadi ketika lebih dari satu telur dibuahi atau satu telur membelah diri setelah pembuahan.


Tujuh dari 10 pasangan kembar adalah kembar fraternal, artinya mereka berasal dari 2 telur dan 2 sperma. Meningkatnya berat badan atau ukuran badan secara abnormal, gerakan bayi berlebihan dan terdengarnya detak dua jantung merupakan petunjuk umum bahwa Anda mengandung bayi kembar. Bila dokter menduga bayi Anda kembar, kemungkinan ia akan meminta dilakukannya pemeriksaan USG.


Dengan kelahiran ganda, Anda sebaiknya menambah waktu istirahat, menambah jumlah kalori makanan dan rajin mengikuti pemeriksaan pranatal. Menaati jadwal pemeriksaan pranatal sangat penting karena bilamana seorang wanita mengandung lebih dari satu janin, ia lebih berisiko mengalami preeklamsia, eklamsia dan plasenta previa-kondisi dimana plasenta menutupi leher rahim- serta perdarahan vagina. Jangka waktu kehamilan ganda cenderung lebih singkat, yaitu bisa 21 hari lebih pendek dari wanita yang melahirkan kembar dua. Kecuali ada alasan medis di mana bayi harus dilahirkan lewat bedah Caesar, bayi kembar bisa dilahirkan secara normal (melalui vagina), dan wanita yang memiliki bayi kembar juga dapat menyusui bayinya.

1 komentar:

Ella mengatakan...

yth Doker Merry,

saya adalah seorang wanita yang baru mengalami keguguran janin dalam kandungan saat kehamilan 22 minggu, 1 1/2 bulan yang lalu, dikehamilan pertama ( setelah dilahirkan baru diketahui bahwa tali pusarnya terpilin2)

saya ingin mengetahui kira2 kenapa bisa terjadi seperti itu dan kenapa ada janin yang berputar begitu ekstrimnya sampai mungkin tidak bisa terpasok nutrisi.

apa yang harus saya perhatikan untuk kehamilan selanjutnya jika terjadi kehamilan tunggal ataupun kembar???

apa yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa trauma dan takut jika hamil lagi?

dan bagaimana menenangkan janin agar tidak berputar seperti itu?
( dari ibu yang bingung )

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...